Jumat, 06 Februari 2015

Faktor Penyebab Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara belum sepenuhnya dipahami, sehingga sulit untuk mengatakan mengapa seorang wanita dapat mengembangkan kanker payudara dan wanita lain mungkin tidak.

Namun, ada faktor-faktor risiko yang diketahui yang mempengaruhi kemungkinan untuk terkena kanker payudara. Beberapa dari faktor risiko ini tidak bisa lawan, tetapi ada beberapa faktor risiko yang bisa kita atasi. Berikut ini adalah faktor risiko penyebab kanker payudara.

Usia

Risiko terkena kanker payudara meningkat seiring dengan pertambahan usia. Kanker payudara paling sering terjadi pada wanita di atas 50 tahun yang telah mengalami menopause. Sekitar 8 dari 10 kasus kanker payudara terjadi pada wanita di atas usia 50.

Semua wanita yang berusia antara 50-70 tahun harus diskrining untuk diagnosa kanker payudara setiap tiga tahun sebagai bagian dari Program Skrining Payudara.

Riwayat keluarga

Jika Anda memiliki kerabat dekat yang telah menderita kanker payudara atau kanker ovarium, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Namun, karena kanker payudara adalah kanker paling umum pada wanita, kanker payudara sangat mungkin di alami oleh lebih dari satu anggota keluarga secara kebetulan.

Sebagian besar kasus kanker payudara tidak turun-temurun, tetapi gen tertentu, yang dikenal sebagai BRCA1 dan BRCA2, dapat meningkatkan resiko terkena kedua payudara dan kanker ovarium. Gen ini akan diwariskan dari orang tua ke anak-anak mereka. Sebuah gen ketiga (TP53) juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Jika Anda memiliki, misalnya, dua atau lebih kerabat dekat dari keluarga Anda, seperti ibu, saudara perempuan atau anak, yang telah menderita kanker payudara di bawah usia 50, Anda mungkin memenuhi persyaratan untuk skrining genetik untuk mencari gen yang membuat kanker payudara lebih mungkin. Jika Anda khawatir tentang sejarah keluarga Anda dari kanker payudara, diskusikan dengan dokter Anda.

Diagnosis kanker payudara sebelumnya

Jika sebelumnya sudah menderita kanker payudara atau perubahan sel kanker non-invasif, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena lagi, baik di payudara bagian lain atau pada payudara yang sama lagi.

Benjolan payudara jinak yang di derita sebelumnya

Benjolan payudara jinak tidak berarti Anda memiliki kanker payudara, namun beberapa jenis benjolan dapat sedikit meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Perubahan jinak tertentu dalam jaringan payudara Anda, seperti hiperplasia duktus atipikal (sel yang tumbuh abnormal di saluran), atau karsinoma lobular in situ (sel-sel abnormal di dalam lobus payudara Anda), bisa membuat mendapatkan kanker payudara lebih mungkin.

Kepadatan jaringan payudara

Payudara Anda terdiri dari ribuan kelenjar kecil (lobulus), yang menghasilkan susu. Jaringan kelenjar ini mengandung konsentrasi tinggi dari sel-sel payudara dibandingkan jaringan payudara lainnya, sehingga lebih padat. Wanita dengan jaringan payudara yang padat mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara karena ada lebih banyak sel-sel yang dapat menjadi kanker.

Jaringan payudara yang padat juga bisa membuat scan payudara (mammogram) sulit untuk dibaca, Perempuan yang lebih muda cenderung memiliki payudara padat. Ketika anda beranjak tua, jumlah jaringan kelenjar payudara mengalami penurunan dan digantikan oleh lemak, sehingga payudara Anda menjadi kurang padat.

Paparan estrogen

Hormon wanita, estrogen, kadang-kadang merangsang sel-sel kanker payudara dan menyebabkan mereka untuk tumbuh. Ovarium, di mana telur disimpan, mulai memproduksi estrogen ketika Anda mulai pubertas.

Kelebihan berat badan atau obesitas

Jika Anda telah mengalami menopause dan kelebihan berat badan atau obesitas, Anda mungkin lebih beresiko terkena kanker payudara. Hal ini diduga terkait dengan jumlah estrogen dalam tubuh Anda, karena kelebihan berat badan atau obesitas setelah menopause menyebabkan lebih banyak estrogen yang diproduksi.

Alkohol

Risiko kanker payudara dapat meningkat seiring dengan jumlah alkohol yang Anda minum. Penelitian menunjukkan bahwa setiap 200 wanita yang secara teratur mengkonsumsi dua minuman beralkohol sehari, ada tiga wanita dengan kanker payudara, dibandingkan dengan wanita yang tidak minum sama sekali.

Radiasi

Prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi, seperti sinar-X dan computerized tomography (CT) scan, dapat sedikit meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara.

Jika Anda memiliki radioterapi ke daerah dada Anda untuk limfoma Hodgkin ketika Anda masih kecil, Anda seharusnya sudah menerima undangan tertulis dari Departemen Kesehatan untuk konsultasi dengan spesialis untuk mendiskusikan risiko yang meningkat untuk terkena kanker payudara.

Jika saat ini Anda perlu radioterapi untuk limfoma Hodgkin, spesialis Anda harus mendiskusikan risiko kanker payudara sebelum pengobatan dimulai.

Terapi penggantian hormon

Terapi penggantian hormon dikaitkan dengan sedikit peningkatan risiko terkena kanker payudara. Diperkirakan bahwa akan ada tambahan 19 kasus kanker payudara untuk setiap 1.000 wanita yang menggunakan gabungan terapi penggantian hormon selama 10 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar